Percobaan 1 (input.java)
import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;
public class input {
public static void main (String[] args) {
BufferedReader InputData = new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
String nama= “ “;
System.out.print (“Masukkan nama anda : “ ); try {
nama = InputData.readLine();
}
catch (IOException e ){ System.out.println(“Error”);
}
System.out.println(“Halo nama saya “ +nama);
}
}
Hasil :
Masukkan nama anda : Bob Halo nama saya Bob
Pembahasan :
Bahasa pemrograman Java tidak memiliki kelas default yang bisa digunakan dengan cara yang langsung untuk menerima input ari pengguna, tidak seperti bahasa-bahasa pemrograman lainnya. Meskipun demikian, dengan cara-cara tertentu, kita tentu saja dapat membuat program Java yang dapat menerima input dari penguna.
Statemen :
import java.io.BufferedReader; import java.io.InputStreamReader; import java.io.IOException;
Menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program anda. Class- class tersebut dikumpulkan di dalam packages.
Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh diatas, java.io package mengandung class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan diatas juga dapat ditulis sebagai berikut,
import java.io.*;
yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita.
Dalam statemen,
BufferedReader InputData = new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama InputData dengan tipe class
BufferedReader.
Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,
String nama = “ “;
Pernyataan diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variabel diinisialisasi sebagai String kosong (“ “). Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Selanjutnya, blok dibawah ini merupakan try-catch block,
try {
nama=dataIn.readline(); } catch (IOException e) { System.out.println(“Error!”); }
Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,
nama = dataIn.readline();
akan ditangkap. Kita perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai akan disimpan ke dalam variabel nama, yang akan kita gunakan pada statemen akhir untuk menyatakan nama kita.
System.out.println(“Halo nama saya “ +nama);
0 Comments