ANTI -ALIASING
Apa Itu Anti-Aliasing?
Anti-Aliasing
(AA) adalah sebuah teknologi strategi untuk menghilangkan Jaggies atau effek seperti “tangga” pada garis tepi sebuah grafis
video game agak terlihat lebih mulus
atau Smooth. nah kenapa
kok bisa ada Jaggies? kenapa
developer tidak bikin
game yang ga ada jaggies?
well,
ngga gitu mikirnya. Video game yang kamu lihat pada layar itu sebenernya
kumpulan dari Kotak kotak kecil yang dinamakan
Nah
Objek pada game itu kan bermacam macam, ada yang Bentuk bulet,kotak segitiga
dan sebaginya. Jika gambarnya mempunyai sudut dan garis lurus, ga masalah
karena pixel itu bentuknya kotak kotak. nah Kalau misalkan ada objek yang
mempunyai Lengkungan atau garis diagonal, maka gambar tersebut akan tergambarkan
pada pixel seperti tangga tangga. Nah efek tangga tangga pada objek tersebut
itu dinamakan jaggies.
Nah karena grafik
dengan jaggies itu tidak enak dipandang, maka dari itu ada teknologi sebagai
solusi dalam permasalahan tersebut, yaitu Anti-Aliasing.
Anti-Aliasing ini
kerjanya hanya menambahkan sampel yang percis dengan grafis yang terkena
jaggies lalu ditambahkan semacam manipulasi warna atau teknik manipulasi gambar
pada celah celah di jaggies agar terlihat mulus atau Smooth. Jika Celah celah
itu tertutupi maka objek akan terlihat lebih mulus, walaupun sebenarnya kalau
di zoom kembali masih terdapat celah yang kecil kecil. tapi teknik ini sangat
akurat agar pengguna dapat melihatnya lebih smooth.
Maka
dari itu Jika kamu bermain game pada pixel yang sedikit misalkan resolusi
1280×720 yang berarti hanya terdapat
720 pixel pada satu scene, maka pixel yang membentuk
objek otomatis besar besar untuk menempati semua lebar
layar mu. karena besar besar akhirnya “jaggies” ini terlihat.
Kalau
misalkan kamu bermain pada 1920×1080 yang berati terdapat 1080 pixel,maka pada
satu objek terkumpul pixel yang kecil kecil dan menyebabkan gambar jadi lebih smooth karena
jaggies sangat sangat kecil sampe tak
terlihat.
Anti-aliasing
ini banyak banget jenis dan tekniknya, setidaknya terdapat 3 Jenis
Anti-aliasing dengan teknik yang berbeda beda.
MSAA (Multi-Sampling Anti-Aliasing)/TXAA (Temporal Anti-Aliasing)
MSAA
merupakan teknik Anti-Aliasing yang umum didapatkan pada game game. MSAA ini
cukup seimbang pada Perfoma dan kualitas grafik. MSAA menggunakan teknik dengan
cara memanipulasi warna warna pada bentuk yang melengkung agar celah pada
bentuk geometris itu dapat ditutup. MSAA ini punya tingkatan yaitu 2x 4x dan
8x. jika makin tinggi maka perfomanya
makin turun.
TXAA Kerjanya
juga hampir sama dengan MSAA. cuman TXAA ini jauh lebih efesien
dan ringan untuk
diimplementasikan pada game game. Tapi karena TXAA ini dibangun oleh perusahaan
seperti NVIDIA dan AMD. Maka perfoma penggunaan TXAA ini tergantung pada
optimalisasi masing masing kartu grafis.
SSAA (Super Sampling Anti-Aliasing)
SSAA ini adalah
teknik Anti aliasing yang paling akurat dan paling bekerja. SSAA ini kerjanya
adalah dimana GPU kamu akan merender Resolusi yang lebih tiunggi dibanding
Monitor mu lalu di Downsample. Misalkan Kamu punya Layar 1366x768p. Jika kamu
menggunakan SSAA (atau juga optionnya bernama Resolution Scale) di kali 2, maka
GPU mu akan merender sekitar 20% dari Resolusi awal mu menjadi 1600x900p dan di
Kecilkan (downsample) sampe muat di layar 768p kamu.
Teknik
ini sangat efektif karena dengan adanya tambahan Pixel yang di persempit, maka
kemungkinan celah Jaggies
itu akan tertutupi karena adanya penggabungan Pixel 900p itu di 768p. Tetapi teknik ini memakan banyak
perfoma mu karena GPU akan terus merender 900p tersebut secara terus menerus
walaupun dilayar hanya 768p.
FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)
FXAA
ini merupakan Anti-Aliasing yang sangat tekenal dan banyak dipake digame game
zaman now. FXAA ini lebih enteng dibanding anti-aliasing yang lain, karena
teknik pada FXAA tidak menggunakan kalkukasi gambar atau manipulasi warna warna
atau bentuk yang membuat GPU mu bekerja keras. Teknik yang digunakan FXAA
adalah menggunakan “Blur”. Blur ini diimplementasikan pada Sudut sudut Jagies
sehingga Jaggies tersebut terlihat lebih mulus.
Kiri: No FXAA,
Tengah: Ada sedikit FXAA, Kanan: FXAA. Sumber Nvidia
Bayaran dari FXAA
ini objek dan grafik keseluruhan akan terlihat ngeblur jika kamu bermain pada
pixel yang cukup besar atau layar yang besar. walau gitu FXAA masih menjadi
teknik primadona gamer agar grafik tidak ada jaggies.
Terus gimana? Apakah harus menggunakan Anti-Aliasing?
Kalau
kamu ga masalah dengan Grafik yang ada sudut sudut begitu dan tidak mau
melelahkan GPU atau kamu punya GPU yang low end sih ga perlu digunakan. jika Perfoma adalah
prioritasmu. Jika kamu mempunyai GPU yang cukup
kuat atau Grafis
memukau adalah prioritas. Anti-Aliasing ini harus banget di gunakan.
Lalu
perlu diperhatikan juga Layar Monitor yang digunakan. Biasanya kalau kamu punya
Layar monitor hanya 15 Inch atau 17/21 Inch. 768p dengan FXAA dan 1080p tanpa
FXAA juga sangat cukup untuk menghilangkan Jaggies.
Tetapi
jika kamu mneggunakan TV sampe 40 Inch dengan Support 4K bla bla bla. yaa jika
kamu menggunakan pixel 768p dengan FXAA/MSAA/TXAA pun tetep akan ada terlihat
Jaggies karena layar yang
besar sudah pasti membutuhkan pixel yang banyak. Solusinya adalah menggunakan
Resolusi tetap mu sama dengan Layar TV dan menggunakan sedikit Anti-Aliasing.
TIPS Penggunaan Anti-Aliasing untuk PC dan HP (Mobile)
Sebenernya penggunaan ini tergantung masing
masing hardware PC atau HP pada noobs sekalian.
tetapi kami akan memberikan rekomendasi
Perlukah Penggunaan Anti Aliasing PC:
Rekomendasi
kamu adalah perlu, karena game PC biasanya dimainkan pada layar 15 Inch keatas
untuk grafis yang halus. Penggunaan Anti-Aliasing ini sangat menggunakan
Kekuatan Hardwaremu, Pastikan Komponen PC mu kuat untuk digunakan Anti-Aliasing
dan Cooling yang bagus agar tidak Overheat pada saat GPU bekerja keras.
Perlukah Pengunaan Anti-Aliasing di HP (Mobile):
Untuk HP yang
notabene tidak punya Cooler, Anti-Aliasing ini direkomendasikan Untuk di
Matikan saja. Walaupun mayoritas Anti-aliasing yang digunakan adalah FXAA
(Seperti PUBG Mobile) dan beberapa game yang punya SSAA (Resolution Scale)
Sebaiknya disetarakan dengan
Resolusi layar. Karena Jika Anti-Aliasing akan memaksa Hardware HP bekerja
keras dan akhirnya menjadi Panas. Jika sudah seperti itu maka akan terjadi
Thermal Throttling dimana HP ahrus menurunkan perfomanya agar tidak overhating.
jika itu terjadi Pengalaman gaming mu bisa Pudar karena Frame rate yang turun.
PUBG Mobile Dengan
Anti-Aliasing (liat tepi di Meja)
PUBG
Mobile Tanpa Anti-Aliasing (liat tepi di Meja)
Untuk
HP sendiri juga Pixel dengan 720p saja sudah menutupi Jaggies tersebut karena
layar HP cendrung kecil dibandingkan layar monitor PC. maka Anti-Aliasing tidak
perlu digunakan jika jaggies tidak terlihat.
0 Comments